Selasa, 11 Juli 2017

Ini Lho Peluang Bisnis Laundry Koin

Peluang Usaha Modal di Bawah 20 Juta - Peluang usaha yang cukup menggiurkan itu diakui Helmy berdampak pada perkembangan bisnis laundry. Tidak hanya di Jakarta, bisnis ini pun sudah merambah daerah. “Hampir setiap kampung ada yang bisnis laundry, terutama di Jakarta,” katanya.


Meski sudah menjamur, kata Helmy, peluang usaha ini tak ada matinya sepanjang masih ada orang yang mengenakan pakaian. Potensi meraup rejeki masih terbuka. “Tinggal bagaimana mengelolanya,” ujarnya.

Awal tahun 2014, Helmy bersiasat membuka laundry dengan mesin koin. Dia memadukan bisnis jasa cuci pakaian ini dengan bisnis kafe di lantai dasar Apartemen Taman Melati, Margonda, Depok.

Pelanggan yang ingin mencuci harus membeli koin terlebih dahulu. Satu koin dipatok Rp 10 ribu. Agar dapat mengoperasikan mesin dengan kapasitas 6 kilogram, pelanggan membutuhkan dua koin. Sekali cuci, hanya perlu bayar empat koin tergantung jenis pakaian yang dicuci.

”Dibandingkan dengan laundry kiloan justru lebih murah,” kata alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta tahun 2002 ini.

Selagi mesin bekerja, konsumen bisa duduk santai di kafe. Selain menikmati kopi dan penganan ringan, pelanggan juga dimanjakan dengan akses Wifi gratis dan TV kabel. Lalu, setengah hingga satu jam kemudian, cucian sudah kering dan bisa diambil.

Saatnya manfaatkan waktu secara efektif. Itulah prinsip yang ditawarkan Helmy kepada pelanggannya. Gayung bersambut, konsep ini diminati konsumen. Dalam sebulan, mantan PNS Pemkot Depok ini mampu meraup keuntungan rata-rata Rp 30 juta dengan mengoperasikan tujuh mesin.

Sumber Referensi : http://www.bactiar.com/

1 komentar: