Selasa, 11 Juli 2017

Tips Efektif Untuk Buka Bisnis Bengkel Motor

Peluang Usaha Dengan Modal di Bawah 20 Juta - Setelah Anda menentukan lokasi yang pas untuk membuka bisnis bengkel motor, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih calon pelanggan yang akan kita bidik. Ada tiga kategori untuk bisnis bengkel motor. Ketiga kategori tersebut adalah bengkel resmi, bengkel umum, dan bengkel tune up.


Dan jika Anda ingin membuka sebuah bengkel resmi, yang harus Anda lakukan adalah dengan menghubungi kantor service center dari produk otomotif yang Anda inginkan. Ketika Anda mengajukan keinginan tersebut, kemudian Anda akan diminta beberapa syarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh produsen produk otomotif tersebut.

Dalam membuat bengkel resmi yang menjadi sasaran konsumennya adalah para pengguna motor pada umumnya yang hanya memerlukan service standar sesuai dengan prosedur perawatan yang berlaku. Misalnya penggantian sparepart serta perbaikan-perbaikan kecil.

Langkah selanjutnya, bila Anda berkeinginan untuk membuka bisnis bengkel motor tune up, maka segmen pasar yang harus Anda sasar berbeda dengan kategori sebelumnya. Karena untuk bengkel kategori ini membutuhkan skill spesialis dalam merubah motor standar menjadi tidak standar sesuai dengan permintaan pelanggan.

Misalnya ada pelanggan yang meminta untuk merubah kecepatan dan akselerasi motor. Dalam membuka kategori bengkel ini, memang sasaran konsumennya lebih sempit. 

Pasaran untuk kategori yang satu ini tidak ditentukan secara lokasi. Karena para pelanggan mendapatkan informasi mengenai keberadaan bengkel motor ini biasanya dari promosi dari mulut ke mulut dan juga media-media lainnya seperti halnya media online.

Dari segi keuntungan yang didapat dari membuka bengkel motor tune up ini yaitu nilai jasa yang dihargai lebih tinggi dibandingkan bengkel pada umumnya.

Dalam membuka bisnis bengkel motor ini, selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, ada juga yang harus dipertimbangkan adalah dari segi kompetitor. Misalnya adanya bengkel motor yang sudah ada di sekitar lokasi tempat Anda membuka bisnis tersebut.

Untuk menyiasatinya, maka Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas dalam bisnis menarik jumlah konsumen untuk beralih ke bengkel yang Anda buka. Sehingga ke depannya akan mendapatkan banyak pelanggan. Kemudian yang harus Anda persiapkan lagi adalah teknisi serta manajemen yang akan Anda gunakan dalam bisnis Anda.

Seharusnya hal tersebut harus Anda persiapkan dengan matang, ibaratnya sebuah restoran, maka teknisi Anda adalah koki yang memasak menu Anda sehingga kualitas dari teknisi yang Anda pakai akan menentukan kelangsungan bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar