Kamis, 07 Desember 2017

Inilah Gapit, Kue Gurih dan Renyah Khas Cirebon

Makanan Khas Jawa Barat - Tentu saja selain wajib mencicipi nasi jamblang, empal gentong, dan nasi lengko saat mengunjungi Cirebon, Jawa Barat, ada kuliner khas lainnya yang dapat diboyong pulang untuk oleh-oleh. Salah satunya kue gapit kering.


Kue memiliki diameter sekitar tiga sentimeter ini gurih dan renyah. Sentra produksi kue gapit itu berada di empat desa, yakni Desa Tuk, Setu Wetan, Panembahan, dan Kemlaka. Salah satu pemilik produksi rumahan kue gapit, Iskandar, mengatakan sejak tahun 1980-an keluarganya memulai usaha makanan tersebut.

"Ini sudah lama. Sejak orang tua saya masih duduk di bangku SMP. Turun temurun. Saudara saya juga usaha gapit," kata Iskandar saat ditemui di kediamannya, Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2017).

Ia menyebut kue gapit hanya ada di Cirebon. Proses pembuatannya butuh keahlian dan ketelitian saat memasak. Kue gapit berbahan tepung dan rempah-rempah.

Disebut kue gapit, sambung Iskandar, karena proses pembuatannya diapit atau dijepit dengan alat. "Ya karena dijepit pakai alat. Terus dinamakan gapit yang memikiki arti jepit kalau dalam bahasa Indonesia," kata Iskandar.

Kue Gapit yang diproduksi olehnya memiliki empat varian rasa terdiri kacang, bawang, kelapa, dan keju. Namun, menurut dia, untuk rasa keju diproduksi saat ada pesanan dari konsumen.

Sumber : https://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar