Kamis, 21 April 2016

Inilah Cara Tepat Minum Obat Penambah Darah

Makanan Penambah Darah - Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PdenganMI), Dr dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK menjelaskan, untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan untuk mengatasi darah rendah suplemen penambah darah yang mengandung zat besi dan asam folat.


Namun, agar suplemen bisa terserap dengan baik, Anie menyarankan untuk meminumnya bersama cairan mengandung vitamin C dan sumber makanan hewani. Menurut dia, air jeruk bisa membantu penyerapan zat besi lebih baik. "Zat besi akan diserap lebih baik dengan bantuan vitamin C. Nah, saat minum obat penambah darah yang terbaik bisa dengan air jeruk karena ada vitamin C-nya. Tapi, kalau takut perut perih cukup air putih saja," papar Anie dalam acara Indonesia Bebas Anemia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Meski obat tersebut dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan minuman lainnya, namun, ada juga minuman yang tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan, seperti teh, kopi dan susu. Pasalnya, minuman tersebut bisa menghambat penyerapan zat besi.

Referensi : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar