Jumat, 08 April 2016

inilah Kuliner Yang Paling Diburu Pemudik di Blitar

Kuliner Blitar - Tentu tidaklah seru jika mudik lebaran tanpa diwarnai wisata kuliner. Di Kabupaten Blitar, nasi tiwul menjadi kuliner yang paling diburu. Salah satunya warung yang masih setia dengan menjajakan menu nasi tiwul adalah Warung Betet Permai yang berada di lereng Gunung Betet, kecamatan Sutojayan.


Dan keluarga Yoana, misalnya. Mereka yang kini menetap di Bandung, setiap mudik ke Blitar, selalu menyempatkan untuk menikmati tempat wisata kuliner blitar paling enak nasi tiwul tersebut. "Harus itu mampir ke sini (warung nasih tiwul), nasi tiwulnya bikin kangen," kata Yoana (57), saat ditemui detikcom Senin (20/7/2015). Nasi tiwul tersebut dipadu dengan urap-urap, trancam (potongan kacang panjang dan mentimun di campur bumbu parutan kelapa), berbagai sayur blendi yang sangatpedas.

Lauknya ada berbagai pilihan, dari gorengan ikan wader, lele dan jendil. Bagi yang belum tahu nasi tiwul ini memang terkesan aneh. Nasi tiwul adalah berbahan baku ketela pohon yang sudah dikeringkan selama satu minggu untuk menjadi gaplek. Selanjutnya gaplek dihaluskan menjadi tepung. Setelah ditaburi garam dan gula merah, tepung tiwul kemudian dikukus selama setengah jam dan siap dihidangkan.

Referensi : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar